Kampung Kulitan semarang, sejarah Kerajaan Tasripin Tempo Doeloe

Semarangin - Tasripin nama itu adalah nama salah satu saudagar legendaris bersejarah dari kota semarang. Dia adalah seorang pedagang dan tuan tanah pribumi dari Semarang yang kaya raya. Pada masa kejayaannya menguasai banyak sekali daerah di seantero Semarang, ia adalah pengusaha kopra, kapuk dan juga real estate. Tasripin juga memiliki bisnis kulit yang dijalankan dikampung Kulitan. Bisnis ini mulai ramai pada permulaan abad ke-19. Bisnis ini yang menyebabkan kampung ini terkenal dengan nama Kampung Kulitan hingga sekarang. Kampung Kulitan dahulu disebut sebagai "kerajaan Tasripin" karena ia beserta segenap kerabatnya pernah tinggal disana.

Kampung Kulitan mulai ada sejak awal abad XIX dan merupakan kampung tertua di Semarang. Kampung kulitan dulunya berpintu gerbang bak kerajaan yang megah.

Tasripin sebagai orang yang sangat terpandang dikawasan ini menempati rumah bernomoer 315. Rumah ini tampil lebih menyolok dibandingkan dengan rumah lainnya. Pernah diadakan pemotongan teritisan yang semula menaungi jalan didepannya. Rumah ini dulu penuh dengan hiasan wayang karena kegemaran Tasripin akan wayang. Selain itu atap sosoran serambi dulu juga menerus sampai ke seberang jalan.




Dalam foto di atas Tasripin berdiri di antara para pembantunya saat penyamakan koelit di kampoeng "Koelitan" miliknya yang sekarang namanya belumlah berubah. Foto ini diambil tahoen 1925. Source www.semarang.nl/mensen/25.html




Copyright © 2009, Septian Aji S.

Copy Paste Copyright :

0 Response to "Kampung Kulitan semarang, sejarah Kerajaan Tasripin Tempo Doeloe"

Post a Comment