Gustave Solomon (Reed-Solomon error correction)

Gustave Salomon lahir di Brooklyn, NY. pada 27 Oktober 1930, dan meninggal pada tanggal 31 Januari 1996 di rumahnya di Beverly Hills, CA. Dia adalah seorang ahli matematika dan insinyur yang merupakan salah satu penemu dari teori aljabar tentang error-correction. Solomon mengawali pendidikan tingginya di BS Matematika, Universitas YeshivaIa. pada akhir 1950 ia mengajar matematika di Boston dan Johns Hopkins Universities dan menerima Ph.D. Matematika di MIT pada tahun 1956 di bawah arahan dari Kenkichi Iwasawa.

Salomon bersama-sama dengan Irving S. Reed dikenal telah mengembangkan sebuah teory aljabar tentang error-detecting dan error-correcting codes yang dikenal sebagai Reed-Solomon error correction. Kode ini digunakan untuk melindungi integritas informasi digital, dan telah digunakan secara luas di bidang komunikasi dan media penyimpanan digital modern.

Kode Reed-Solomon adalah blok kode. Ini berarti bahwa blok input data yang ditetapkan diproses menjadi blok output data yang telah ditetapkan juga. Dalam kasus yang paling umum misalnya digunakan kode R-S (255, 223) dimana 223 simbol masukan Reed-Solomon (masing-masing delapan bit ) di encode sehingga output menjadi 255 simbol. Standar (255, 223) kode Reed-Solomon mampu memperbaiki hingga 16 simbol kesalahan dalam setiap codeword, Karena setiap simbol sebenarnya delapan bit, ini berarti bahwa kode dapat memperbaiki hingga 16 bursts of error. skema error-correcting R-S adalah sistematis. Ini berarti bahwa beberapa bagian dari output codeword berisi input data dalam bentuk aslinya.

Kode ini ditemukan oleh Irving S. Reed dan gustave Solomon pada tahun 1960, yang saat itu menjadi anggota MIT Lincoln Laboratory. Dalam seminar mereka yang berjudul “Polynomial Codes over Certain Finite Fields" (“kode banyak pada medan yang terbatas”).

pada saat artikel tersebut ditulis, teknologi digital saat itu tidak cukup maju untuk menerapkan konsep tersebut. Sehingga aplikasi dari kode tersebut baru bisa digunakan pertama kali pada tahun 1982, yang diproduksi secara masal yaitu berupa cakram padat / compact disc, di mana dua kode interleaver Reed-Salomon tersebut digunakan. Algoritma dekoding yang efisien untuk kode Reed_salomon dengan jarak yang besar telah dikembangkan Elwyn Berlekamp dan James Massey pada 1969.

sekarang ini kode reed-salomon telah dimanfaatkan kedalam banyak aplikasi antara lain aplikasi komputer dan media panyimpanan seperti sebagai sistem RAID pada hard disk drive, cd, dvd, dan blue-ray disk. Dalam telekomunikasi dan data teknologi seperti DSL & WiMAX, dalam siaran sistem seperti ATSC, dan DVB.

0 Response to "Gustave Solomon (Reed-Solomon error correction)"

Post a Comment